Selasa, 21 Februari 2012

suku Ngaju kalimantan Tengah

BORNEO ADALAH salah satu kepulauan di Indonesia
tepatnya di Kalimantan Tengah ,ada beberapa suku Dayak.
Suku bangsa dayak sendiri terdiri atas beberapa sub-suku bangsa.
Bahasa Dayak Ngaju adalah bahasa dayak yang paling luas digunakan di Kalimantan Tengah,terutama di daerah sungai Kahayan dan Kapuas,bahasa Dayak Ngaju juga terbagi lagi dalam berbagai dialek seperti bahasa Dayak Katingan dan Rungan. Selain itu Bahasa Ma'anyan dan Ot'Danum juga banyak digunakan.
 Bahasa Ma'anyan banyak digunakan digunakan di daerah aliran sungai Barito dan sekitarnya. Sedangkan bahasa Ot'Danum banyak digunakan oleh suku dayak Ot'danum di hulu sungai Kahayan dan kapuas.
 Kelompok masyarakat pendatang juga memberikan keragaman bahasa bagi masyarakat Kalimantan Tengah.
 Bahasa yang cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah bahasa Banjar karena memiliki kedekatan geografis dengan daerah Kalimantan Selatan yang mayoritas dihuni oleh suku/orang Banjar, dan cukup banyak orang Banjar yang merantau ke Kalimantan Tengah. Bahasa lainnya adalah bahasa Jawa, bahasa Bugis, bahasa Batak, dan sebagainya yang dibawa pendatang.

Sumpit atau lebih dikenal di daerah Kalimantan Tengah dengan sebutan sipet adalah salah satu senjata yang sering digunakan oleh suku Dayak maupun oleh masyarakat Melayu.
 Dari segi penggunaannya sumpit atau sipet ini memiliki keunggulan tersendiri karena dapat digunakan sebagai senjata jarak jauh dan tidak merusak lingkungan alam karena bahan pembuatannya yang alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar